Kamis, 19 Januari 2012

RINGKASAN PROPOSAL SEKRIPSI

RINGKASAN PROPOSAL SEKRIPSI
ANDI.S

 JUDUL PENELITIAN
Pembelajaran Membaca Pemahaman Dengan Penggunaan Metode Kontekstual Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Karangampel
1. FENOMENA :
1.1 Penyebab    : Masih ada siswa SMP yang belum dapat membaca    pemahaman dengan penggunaan metode kontekstual.
1.2 Akibat    : siswa Smp tidak mampu membaca pemahaman dengan menggunakan metode kontekstual.
2. VARIABEL :
2.1 Penyebab    : penggunaan membaca pemahaman dengan metode kontekstual secara tepat.
2.3 Akibat        : kemampuan membaaca pemahaman.
3. RUMUSAN MASALAH    :
3.1    Bagaimanakah gambaran kemampuan membaca pemahaman dengan penggunaan metode kontekstual pada siswa kelas VIII SMP N 1 KARANGAMPEL?
3.2    Apakah kesiapan awal belajar siswa berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa?
3.3    Apakah terdapat faktor yang dapat menghambat siswa dalam membaca pemahaman?

4. TUJUAN PENELITIAN
    Sesuai dengan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk ingin mengetahui keefektifan pemahaman membaca dengan menggunakan metode kontekstual pada siswa kelas VIII SMP N 1 KARANGAMPEL.

5. MANFAAT PENELITIAN
    Penelitian ini di harapkan memiliki kontribusi untuk meningkatkan mutu pendidikan baik secara teoritis maupun praktis, untuk kepentingan guru dan sekolah dalam meningkatkan pembelajaran.


6. DEFINISI  KONSEP VARIABEL
    CTL merupakan strategi yang melibatkan seswa secara penuh dalam proses pembelajarannya. Siswa didorong ntuk beraktifitas mempelajari materi pelajaran sesuai dengan topik yang akan dipelajarinya. Belajar dalam konteks CTL adalah proses pengalaman secara langsung.
Contextual teaching and Learning (CTL) adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka.
Ada tiga hal yang harus dipahami. Pertama CTL menekankan kepada proses keterlibatan siswa untuk menemukan materi, kedua CTL mendorong agar siswa dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata, ketiga mendorong siswa untuk dapat menerapkan dalam kehidupan.

7. DEFINISI OPRASIONAL
    Sebuah penjelasan lebih jauh penulis akan menjelaskan istilah yang ada pada judul penelitian.
1.    Membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang ditulis (depdikbud 2002 : 83 ). Membaca adalah ketrampilan berbahasa yang merupakan bagian dari komunikasi tulisan.
2.    Membaca pemahaman berkaitan erat dengan usaha memahami hal-hal penting dari apa yang di bacanya.
3.    Metode kontekstual adalah pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata, sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka (Sanjaya 2006 : 255)

8. KISI-KISI INSTRUMEN DAN SEKALA PENGUKURAN

Kisi-kisi Umum
Variable Penelitian    Sumber Data    Metode    Instrumen
1.    Kemampuan siswa dalam menyusun kalimat    -    Buku pembelajaran
-    Siswa sebgai pelaku
-    Kegitan belajar    -    Angket
-    Pengamatan
-    Wawancara    -    Angket dan pedoman wawancara
-    Ceklis
-    Pedoman wawancara
2.    Metode pembelajaran    -    Buku pelajaran
-    Guru sebagai pelaku
-    Kegiatan belajar
-    Siswa yang mengalami    -    Angket
-    Wawancara
-    Pengamatan
-    Wawancara    -    Angket
-    Pedoman wawancara
-    Ceklis
-    Pedoman wawancara
3.    Isi/hasil pelajaran    -    Buku catatan siswa    -    Dokumentasi    -    Ceklis berisi penilaian

9. DISAIN PENELITIAN

10. HIPOTESIS
    Hipotesis merupakan jawaban sementara yang mungkin benar atau mungkin salah, sehingga hipotesis perlu dibuktikan kebenaranya. ( Suharsimi Arikunto, 1994:78 ).
Berdasarkan pengertian tersebut dikemukakan hipotesis adalah jawaban sementara dari hasil penelitian yang dilakukan.
Hipotesis yang dikenal dalam suatu penelitian Y,umumnya ada dua yaitu Hipotesis Kerja (Ha) hipotesis nihil (Ho) namun dalam penelitian hipotesis yang diajukan adalah hipotesis kerja yang berbunyi:
“Bagaimanakah gambaran kemampuan membaca pemahaman dengan penggunaan metode kontekstual pada siswa kelas VIII SMP N 1 KARANGAMPEL dan Apakah kesiapan awal belajar siswa berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa?”, Hal tersebut penulis dapat mengukur seberapa jauh siswa SMP dalam membaca pemahaman dengan menggunakan metode kontekstual, dan penulis juga bisa mengetahui seberapa jauh minat kesiapan belajar siswa terhadap proses belajar mengajar.

2 komentar: