Pengertian Manajemen
James
A.F. Stoner
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Pers dan Jurnalistik •Kegiatan:
Kegiatan
kewartawanan
dalam mencari, menyusun, menulis, menyunting, dan menerbitkan berita di media massa.
Jurnalistik
mencakup kegiatan dari peliputan sampai dengan
penyebarannya kepada masyarakat.
UU NO. 40 TAHUN 1999
Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan
kegiatan jurnalistik yang meliputi:
mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan
informasi, baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta
data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak,
media elektronik, dan segala jenis saluran
yang tersedia
PERS
MENURUT ILMU KOMUNIKASI
MENURUT ILMU KOMUNIKASI
Ø Usaha percetakan atau
penerbitan
Ø Usaha pengumpulan dan
penyiaran berita
Ø Penyiaran berita
melalui surat kabar, majalah, radio dan televisi
Ø Orang-orang yang
bergerak dalam penyiaran berita
Ø Media penyiaran dan
berita yakni surat kabar, majalah, radio dan televisi
FUNGSI PERS DI INDONESIA
UU No. 40 Tahun 1999
pada pasal 3 :
1. Media Informasi
2. Media Pendidikan
3. Media Hiburan
4. Kontrol social
PERANAN PERS DI INDONESIA
UU No. 40 Tahun 1999
pada pasal 6 :
1. Memenuhi keinginan masyarakat untuk mengetahui
2. Menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong
terwujudnya supremasi hukum dan hak-hak asasi manusia serta menghormati
kebhinnekaan
3. Mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi
yang tepat, akurat, dan benar
4. Melakukan pengawasan, kritik, koreksi dan saran
terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum
5. Memperjuangkan keadilan dan kebenaran
Jurnalistik mempunyai ciri-ciri sebagai berikut
Skeptis
mempertanyakan
segala sesuatu
mewaspadai segala kepastian
Bertindak
tidak menunggu,
tetapi mencari dan
mengamati dengan ketajaman naluri
Berubah
bukan hanya penyalur informasi, tetapi
fasilitator, penyaring dan pemberi makna informasi.
Seni
dan Profesi
Wartawan melihat setiap peristiwa untuk menangkap
aspek-aspek yang unik.
Peran
Pers
Pers sebagai pelapor,
bertindak sebagai mata dan
telinga publik dengan netral dan tanpa prasangka,
berperan sebagai
interpreter,
pembuat kebijaksanaan
serta advokasi
Proses Kerja Jurnalistik
• Rapat Redaksi
rapat untuk menentukan tema-tema yang akan ditulis
dalam penerbitan
dibahas juga mengenai pembagian tugas reportase
• Reportase
wartawan yang telah ditunjuk harus "turun ke
lapangan” mencari data sebanyak mungkin yang berhubungan dengan tema tulisan
yang telah ditetapkan.
• Penulisan Berita
wartawan menulis berita
dituntut untuk mematuhi asas 5 W + 1 H
• Editing
proses penyuntingan naskah yang bertujuan untuk
menyempurnakan penulisan naskah. Penyempurnaan ini dapat menyangkut ejaan, gaya
bahasa, kelengkapan data, efektivitas kalimat, dan sebagainya
• Setting dan Layout
proses pengetikan naskah yang menyangkut pemilihan
jenis dan ukuran huruf
penanganan tata letak dan penampilan fisik
penerbitan secara umum
Ø IKLAN DISPLAY
Iklan display memakai ukuran milimeter/kolom. Ukuran ini
pula yang menentukan harganya. Misalnya harga iklan Rp 10.000,00 per mm/kolom. Artinya
harga tersebut adalah untuk ukuran tiap satu milimeter, dalam satu kolom. Cara
menghitungnya, milimeter dihitung dari ujung bagian atas iklan, ke bagian
bawah. Materi iklan display iklannya bisa gabungan antara huruf dan gambar.
Iklan display dibagi tiga yaitu: iklan display biasa, iklan display keluarga,
iklan display koloman.
Ø
IKLAN
BARIS
Iklan
pariwara adalah iklan yang berbentuk berita atau artikel. Itu sebabnya pariwara
disebut juga advetorial. Iklan pariwara juga memakai ukuran milimeter/kolom.
Ukuran ini pula yang menentukan harganya. Untuk membedakan bahwa ini iklan
pariwara, redaktur memberi inisial atau kode pada akhir tulisan berupa tanda
bintang atau langsung disebut pariwara/ advetorial
Ø IKLAN PARIWARA
Iklan pariwara adalah iklan yang berbentuk berita atau artikel. Itu sebabnya
pariwara disebut juga advetorial. Iklan pariwara juga memakai ukuran
milimeter/kolom. Ukuran ini pula yang menentukan harganya. Untuk membedakan
bahwa ini iklan pariwara, redaktur memberi inisial atau kode pada akhir tulisan
berupa tanda bintang atau langsung disebut pariwara/ advetorial
1. Komentar
Komentar adalah
pendapat, pandangan, atau pemikiran lain yang disampaikan oleh masyarakat
khusus menanggapi terjadinya suatu peristiwa , kejadian, atau kebijakan
pemerintah yang dimuat dalam penerbitan pers.
2. Artikel
Artikel adalah opini
masyarakat yang dituangkan dalam tulisan tentang berbagai soal , mulai dari
politik, ekonomi, sosial, budaya, teknologi bahkan olahraga. Bedanya dengan
komentar, jika komentar tulisannya terfokus untuk menaggapi atau mengomentari
fenomena dari suatu permasalahan yang terjadi. Sedangkan artikel, penulisannya
tidak sekedar mengomentari masalah , tetapi bisa juga mengjaukan pandangan,
pendapat atau pemikiran lain , baik yang sudah diketahui masyarakat maupun yang
belum diketahui.
3. Surat
Pembaca
Surat
pembaca adalah opini publik yang cukup menarik dalam penerbitan pers. Surat
pembaca ini pula dijadikan sebagai umpan balik bagi pengelola penerbitan pers
untuk mengetahui sejauh mana berita atau informasi yang disajikan itu
dibaca/ditanggapi pembacanya. Isi surat pembaca bisa ditunjukkan ke sesama
pembaca, kepada pemerintah, dan kepada siapa saja. Isinya pun beraneka mulai
dari mengkritik, memprotes, mendukung, sampai menyanjung.
1.
Tajuk Rencana
Tajuk
rencana merupakan sikap, pandangan atau pendapat penerbit terhadap
masalah-masalah yang sedang hangat dibicarakan masyarakat. Jenis tajuk rencana
antara lain: Meramalkan, memaparkan, dan mengungkapkan.
2. Pojok
Pojok adalah opini
penerbit yang penyajiannya dilakukan secara humor. Sentilan lucu terhadap
sesuatu kejadian yang dimuat dalam penerbitannya. Beda dengan tajuk, pojok
ditulis amat singkat, tatapi tidak kehilangan ketepatan dan antisipasi
permasalahan yang di “pojok” kan.
3. Karikatur
Karikatur adalah
bagian dari opini penerbit yang dituangkan dalam bentuk gambar-gambar khusus.
Semula karikatur ini hanya merupakan selingan atau ilustrasi belaka. Tetapi
perkembangan selanjutnya, karikatur dijadikan sarana untuk penyampaian kritik
secara sehat. Dikatakan kritik sehat karena penyampaiannya dilakukan dengan
gambar-gambar lucu dan menarik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar