Kamis, 22 November 2012

kewiraswastaan Andi


Pengertian Wiraswasta dan Wirausaha
Wiraswasta
Wira   : Manusia unggul,teladan, berbudi luhur, berani, berjiwa besar, pahlawan, pendekar kemajuan dan memiliki kagungan watak.
Swa    : sendiri
Sta      : Berdiri
“keberanian, keutamaan serta serta keperkasaan dalam memenuhi kebutuhan serta memecahkan hidup dengan kekuatan yang ada pada diri sendiri” (Soemanto,1984)
Wirausaha : Orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau menolah bahan baku baru.
Para wirausaha adalah orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan pribadinya dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan sukses.
menadi seorang wirausaha berarti memanudakn perwatakan pribadi, keuangan, dan sumber-sumber daya di dalam lingkungan anda.
Para Wirausaha adalah individuyang berorientasi kepada tindakan dan bermotivasi tinggi, yang mengambil risiko dalm mengear tujuannya.
Seorang wirausaha adalah orang yang dpat melihat adanya peluang kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memastikan peluang tersebut.
Dftar ciri-ciri dan sifat-sifat berikut memberikan sebuah profil dari wirausaha.
Ciri-ciri percaya diri:
1.       Mengorientasikan tugas dan hasil
2.       Mengambil risiko
3.       Kepemimpinan
4.       Keorisinilan
5.       Berorientasi kemasa depan
6.       Bertanggung jawab
Watak :
1.       Kebutuhan akan prestasi, berorientasi pada ketekunan, tekad kera keras, mempunyai dorongan kuat.
2.       Kemampuan mengambil risiko, suka tantangan.
3.       Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain, menanggapi kritik dan saran.
4.       Inovatif, kreatif, fleksibel, serba bisa, mengetahui banyak, punya banyak sumber.
5.       Pandangan kedepan, perseptif.
Sebuah wirausaha yang penting adalah bahwa anda menawarkan sesuatu yang berguna bagi orang lain. Semakin besar kebutuhan orang akan produk atau asa anda, semakin besar imbalan anda. Jika anda bekera untuk meningkatkan tingkat hidup orang lain dan memperbaiki kehidupan mereka. Anda akan melayani kebutuhan masyarakat. Inilah makna menadi wirausaha.
Sikap mental : sikap mental yang tepat terhadap pekerjaan sangatlah penting. Para wirausaha yang berhasil, menikmati pekerjaan mereka dan berdikasi total terhadap apa yang mereka lakukan. Sikap positif mereka mengubah pekerjaan mereka menjadi pekerjaan yang menggairahkan, dan menarik dan memberi kepuasan.
Memimpin dan memotifator orang lain:
Wirausaha merupakan motifator bagi karyawan yang berhasil.
Prinsip umum dari kepemimpina yang baik adalah bahwa semakin besar, perhatian anda kepada karyawan anda, semakin keras mereka bekerja untuk anda.

 Kewiraswastaan adalah kemampuan dan kemauaan seseorang untuk beresiko dengan menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil. Dan untuk menjadi seorang wiraswasta kita harus memiliki kemampuan untuk:

* berdiri diatas kekuatan sendiri
* memiliki semangat bersaing
* mengambil keputusan untuk diri sendiri
* berani mengambil resiko
* menggerekan perekonomian masyarakat untuk maju kedepan
* tegas dan tingkat energi tinggi
* menetapkan tujuan atas dasar pertimbangan sendiri

Ada empat unsur dalam berwiraswasta, yaitu unsur pengetahuan, unsur keterampilan, unsur sikap mental, dan unsur kewaspadaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar